Senin, 19 Maret 2012

MUJUKH TEPOKH


MUJUKH TEPOKH
Oleh : Seem R. Canggu



Cekhita ini dibuat dalam bahasa Lampung Sai Batin khas Batu Brak, karena itu mohon maaf bagi sidang pembaca yang tidak mengerti, namun demikian merupakan suatu kehormatan bagi penulis apabila ada yang akan menterjemahkan cerita ini kedalam Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Asing, sepanjang tidak mengubah isi dan alur cerita. salam


Pekon sikuk
Di pekon sikuk wat babbai tuha nunggu lamban jama umpu na sanak bai lunik umukh 10 tahun gekhal na Isun, lamban sai ni tunggu tian khua ngedok genalungan bekhak, jadi mingan ti tanom hubi kayu, mendikha, cabi, tiyung khik sai bakhih-bakhih na, sekhatta matik manuk, itik khik kambing. Mawat mujawoh jak lamban wat munih sabah cutik, diunggak ni sabah wat kebun kahwa, sehingga ni tian khua mubatin, cukup mengan, dapok meli pakaian, dapok munih nyegok duit cutik-cutik, Isun nyegok ko duit na dilom jan panggakh, mana jan panggakh tisani jak pekhing bulat sai temon mubalak khik khadu miyang.
 

Mendikha tanoman ni Isun
Isun khajin nulung Tamong na, nguyun ko genalungan, mahau itik khik manuk, khanno munih nguyun ko kambing, mana Isun ngehakhap suatu waktu dapok haga midokh-midokh mid kota, ngeliak khik kekhippak palas ngeliak jan lapah (escalator) maklum ki di pekon sikuk so, kuk listrik makkung ngedok api lagi ki sai bakhih na.

Bela khani, minggu munih taliyu, bulan buganti bulan, tahun munih bubalin, Isun tambah balak tanno umukh na khadu 14 tahun, duit khadu tikumpul, tian khua Tamong na nyappai ko hajat saka yaddo midokh mid kota, sampai di khelaya balak tian khua cakak mubil bis sai gekhal na Mujukh Tepokh, pas mubil khadu lapah, Tamong Nyasiop jama Isun, Isun api gekhal ni mubil hijjo? Syukur Isun pandai ngebaca cutik mana Isun jak nitawai khik na, hana Isun jama Tamong na : Mujukh Tepokh Mong.
Lain khanno Tamong hani Babai tuha, tantu sai mujukh tepokh so, mujukh semangkung mati Tamong khadu kesipak cakak mubil, kintu Tamong mu jo ngelulih api gekhal ni mubil hijjo, mana haga  guai cekhita jama Minan mu kak ya mulang jak hematang, khupa na Babbai tuha salah paham. Palas ngimut Isun ngucak ko jama Tamong na ki gekhal ni mubil so yaddo Mujukh Tepokh, Tamong lalang lunik palas kehanjak’an, mujukh niku pandai ngebaca Isun, khappa haga laju kham khua ki mak ngedok sai pandai ngebaca, dilom hati na Tamong nyussol mawat nyekula ko Isun, padahal tumbai Isun pengatu-pengatu tekhok sekula, kidang mana khang sekula mujawoh jadi Tamong na mak ilingan haga nagan ko Isun lapah tenggalang pekhulang sekula.

Tamong ni Isun lagi mekhun
Sappai di Tanjungkakhang Isun jama Tamong na mid di Mal Kartini, pas haga kukhuk khangok, Tamong na gugokhan, pudak na pucat khik begattung hedon di culuk ni Isun, Isun tekejud khik ngelulih jama Tamong na, mengapi niku Mong bang injuk kekhabaian? Isun bacak tok ko kita kukhuk, lamban hijjo ngedok penunggu, no khangok na bukak tenggalan, khanno hani Tamong na. Mak api-api Tamong timbal ni Isun, cekhita ni Isah khik ku senangun khangok na bukak-kebok tenggalan senangun utomatis, oh khanno hani Tamong sai khadu mulai paham.

Sappai di lom, tian khua nyuba cakak jan lapah, khaggoh cakak telu, pak kali, mak begawoh riang nihati ni tian khua muppu dikala sinno, manom khani tukhun tian khua khadu haga mulang, si Tamong mastiti ko khangok sai unjak aneh na lagi, di khangok sinno kukhuk bakas luakh jadi babbai, kukhuk  sai ngukha luakh jadi metuha. Ngeliak Tamong na ngelagok, Isun ngelulih, ngeliak api niku Mong? Tamong na nimbal, Isun dang ni khedik’i khangok sinno kanah celaka, Isun haga ngeni pandai bahwa khangok hinno mawat hak ngeba nyadang ya ngukhau Tamong na kukhuk kidang Tamong mak haga, akhir na Isun kukhuk tenggalan, mak mubeni jak Isun kukhuk, khangok sinno bukak luot hak luakh Bakas tuha, mekik Tamong palas ngedakok bakas tuha sinno, Isun, Isun no kakhu khadu ku halang, dang kukhuk juga haku, jo jadi na niku bekhubah mejadi bakas tuha, palas si Tamong hiwang ngungnguk, gegerlah Mal Kartini, ngeliak Bakas tuha Jama Babbai tuha sedakok’an.

Isun lagi nyilau sabah
Isun sai khadu khaggoh luot, tekejud ngeliak Tamong na sedakok’an jama bakas tuha, geluk-geluk ya nakhik ko Tamong na, mengapi niku Tamong, ija do kita mulang, wakhah ni Isah, Isun ngeni pandai Tamong na,  khangok hinno gekhal na lift, khaggoh cakak  tenggalan, jinna so nyak kukhuk cakak mid diunggak, pas nyak sappai diungak Bakas tuha sai kakhu so khaggoh, api guai ni Tamong bang ngedakok-dakok ya? Hehehe kidang lumaian ya Mong, Isun ngegukhaui Tamong na, sementara Tamong na kelioman.

Sappai di lamban khadu debingi, khadu jak sembahyang maghrib, Isun lagi di dapukh, Tamong na mukhau Isun, Isun ija pai niku mid dija, yu Mong hani Isun khik palas ngandos Tamong kahut na. Injuk gekhal ni mubil ya Isun Mujukh Tepokh, kak kita jak usim kahwa kita midokh luot, sapa pandai dapok petungga sai haga guai uppu Bakas ku, hihihi hani Tamong palas ngangas khik palas mutokh ko sugi na. Nah tanno gilikhan ni Isun mesuluh pudak na nahan liom.

Minak muakhi seunyin na, kakalau wat hikmah sai dapok tiakuk jak cekhita cutik sinno, kittu wat sai pandai khik palas haga ngedandan tata bahasa na, sikindua muhanjak. 
Cekhita hijjo khadu timuat di FB grup Majalah Nyuara & grup Payu kham cawa Lappung,
kidang ki foto-foto na ngilu jak Tamong Google & EGC. (SRC)

Senin, 12 Maret 2012

BERJUMPA MALAIKAT

BERJUMPA MALAIKAT
Oleh : Beni Haryanto
 cerita ini sangat baik sehingga wajib di baca (Red)

Sudah menjadi pemandangan sehari-hari jika naik angkutan umum, kita akan di suguhi bermacam-macam gaya dan tingkah para pengamen. Pedagang asongan tak mau ketinggalan seperti prajurit ketinggalan perang menjajakan barang dagangannya, melantunkan suara-suara usang, memotong mimpi-mimpi yang terlampau panjang bagi para penumpang yang datang ke kota yang katanya tidak pernah lengang. Mereka dengan suara khas berkoar "kue kue, minuman dingin-minuman dingin atau koran-koran" yang makin akrab di telinga. Bus jurusan Merak-Tanjung Priuk yang saya tumpangi sudah keluar tol dan dari jendela sebelah kanan nampak kampus UNTAR dan TRISAKTI berdiri kokoh mengingatkan aku tentang tragedi berdarah tahun 1998.


Matahari sudah meninggi, sinarnya masuk menyapa ku pagi itu dan menyapa hiruk pikuk bisingnya Ibukota. Penumpang dan pengamen jalanan sudah naik turun saling berebutan, ada yang ngamen modal bacot doang. Sebenarnya sih sudah dongkol melihat mereka, karena uang receh sudah habis diberikan dengan pengamen yang naik sebelumnya. Justru yang modal bacot itu sepertinya sudah tahu kalau para penumpang sudah letih melihat mereka. "Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.. dan Salam sejahtera buat kita semua. Seperti biasa kami pengamen Ibu kota menyapa kalian semua" dan seterusnya ceramah pengamen itu di depan sana sambil pegangan di gantungan bus. Ujung-ujungnya "kami tidak butuh keangkuhan dan kesombongan kalian". dan minta duit kusambung spontan dalam hati. Kupikir-pikir tidak ada salahnya memberi lagi, toh aku sekali-sekali naik bus. Dengan uang sedikit lebih karena uang receh habis ku sodorkan ikhlas gak ikhlas. Aku memberi bukan karena tampang mereka yang preman, tapi lebih menghargai seni bahasa mereka yang memukau. Seperti kata pengamen tadi semoga Tuhan mengganti rizki yang lebih banyak lagi jika bersedekah. Heheee.. ngarepnya.

Sebelum bus memasuki gerbang tol jurusan Tanjung Priuk, naik gadis kecil umur 10 tahunan membawa speaker berikut mikroponnya. Memang lajunya bus agak tersendat,  di samping karena memang jalanan macet yang entah kapan kemacetan akan hilang dari jakarta, juga kenek bus yang tidak henti-hentinya berteriak "Priuk.. Priuk...Priuk..." mencari penumpang bersaing dengan bus yang lain. Gadis kecil itu tak luput dari perhatian ku, penampilannya yang lusuh, imut dan tenang namun agak sempoyongan dia berjalan mengimbangi bus yang terus melaju. Sangat prihatin sekali, jika saudara ku seperti itu, tak akan aku relakan mencari nafkah seperti ini. Ya sama saja dengan pengamen serang dan tangerang sebelumnya, dia mohon maaf mengganggu ketenangan para penumpang atas kehadirannya dan saya akan membawakan lagu dari grup Band yang lagi naik daun katanya kekanak-kanakan. masih sebegitu kecilnya sigadis sudah berjuang mencari rizki sendiri, mana ibu dan bapaknya, sekolah apa tidak, aku membatin iba. dan lamunan ku buyar setelah mendengar suara speaker yang dia bawa, musiknya tidak asing lagi karena sudah sering aku dengar.

Semuanya telah kuberi.
Dengan kesungguhan hati untukmu.
Hanya untukmu.
Tak perlu kau tanya lagi.
Siapa pemilik hati ini kau tau.
Pasti untukmu.

Tolong liat aku, dan jawab pertanyaanku.
Mau di bawa kemana hubungan kita.

Lagunya bagus atau memang suara gadis kecil itu yang menyayat jantung, lagu Armada yang berjudul "Mau di bawa kemana" sangat berbeda dengan yang di bawakan vokalis Armada itu sendiri, seakan-akan merintih dia bertanya "Mau di bawa kemana hubungan kita". Semua terpana, semua termangu, tak terkecuali kenek bus itu sendiri terdiam mendengar alunan merdu pilu sigadis. Sangat mendukung suara emas dengan penghayatan air mukanya. saat dia melantunkan bait  "Tolong liat aku, dan jawab pertanyaanku.." begitu dalam dan begitu berpengaruh seolah dia meratapi mengapa nasibnya begitu. Saya yang memilih duduk di bangku belakang cuma bisa menatap nanar. Lirik lagu itu seperti berubah makna, tidak menggambarkan masalah percintaan remaja, justru seperti anak mengadu kepada Ibunya minta tanggung jawab kasih sayangnya yang terenggut oleh kejamnya Ibukota. terasa begitu singkat alunan lagu yang di bawakan gadis itu selesai jua. Setelah musiknya berhenti langsung saja dia menjulurkan tangannya kekanan kiri minta belas kasihan para penumpang. tidak ada plastik permen di tangan, hanya dengan tangan telanjang saja dia meminta. Sudah separuh dari penumpang bus itu yang dia minta cuma mendapatkan uang koin beberapa keping. Saya sendiri mengharapkan semoga dia bisa mendapatkan imbalan lebih, karena kasihan tanpa pikir panjang saya langsung mengeluarkan uang dari dompet dan saya lipat kecil biar tidak terlalu ketara, saya perhitungkan cukup buat dia makan sekali atau dua kali. Pintu tol sudah makin nampak dan gadis kecil itu sudah makin dekat pada ku dan tanpa lelah dia tengadahkan tangannya di depan para penumpang.

Belum saja gadis imut itu sampai kepada ku, dari pintu belakang naik ibu-ibu berpakaian muslimah separuh baya membawa map plastik, masih sempat aku baca tulisan di map itu, SANTUNAN UNTUK ANAK-ANAK YATIM. Waduh kapan selesainya aku pikir yang meminta santunan di negri ini, aku sudah merasa sangat terganggu karena tidak kunjung habis yang naik. Untuk penumpang terahir yang akan di minta gadis itu adalah saya sendiri, berhimpitan dengan perempuan separuh baya tadi dia menghampiri ku, dan langsung aku masukkan lipatan uang itu kedalam genggamannya. Setelah gadis mungil itu dapat uang dari ku, dia langsung membalikkan badannya dan berseru "Ibuu.. Tunggu" katanya memanggil perempuan yang baru naik tadi. tergopoh gopoh dia menghampiri ibu separuh baya itu dan sedikit bingung disertai wajah kecapean dia menghitung helaian uang yang ada di genggamannya. mau ngapain ini anak aku membatin. Hampir seluruh uang yang di tangannya jelas aku lihat di masukkannya di dalam map plastik si-ibu. sehingga yang tersisa di genggamannya tinggal beberapa keping koin. Kaget dan  seakan tak percaya ibu tadi dapat sumbangan begitu cepat, apa lagi dari anak seperti dia yang mungkin ketemu nasi siang dan sorenya tidak menentu, Sungguh sesuatu yang mustahil jika tidak di saksikan sendiri. Ibu tadi bilang "makasih ya nak" katanya terbata sambil ngusap rambut sigadis dan hendak mencium pipinya tetapi nihil karena belum sempat dicium gadis itu sudah berbalik dan melompat turun dari bus yang kebetulan sedang berhenti.

Beni Haryanto
Aku tercengang dan dada ku terasa sesak menahan haru menyaksikan kejadian yang begitu dramatis di depan mata. Pemandangan apa lagi Ya Allah yang mau Kau perlihatkan kepadaku. Seakan tak sadar aku berdiri mengintip kemana larinya gadis kecil itu untuk terahir kalinya. tak keburu karena tubuhnya sudah lenyap di sela-sela mobil motor yang berdesak desakan. Ingin rasanya aku mengejarnya dan menangis karena kepolosan dan ketulusannya mencambuk sanubari. Rasa bersalah akan angkuh dan sombong begitu mendera batinku. betapa jiwa ini di kangkangi nafsu tamak tak pernah merasa cukup akan harta, dan tidak bersyukur kepada Tuhan. Bus makin menjauh meninggalkan tempat gadis itu turun karena sudah masuk tol jembatan layang menuju Tanjung Priuk. Begitu yakinkah gadis itu akan rizkinya hari ini sehingga hampir seluruhnya pendapatannya dia infakkan. Dengan tubuh gemetar aku tertunduk, lindungi anak itu Ya Tuhan pintaku dalam do'a. Sedangkan apa yang di sampaikan perempuan separuh baya di depan sana tak kuindahkan lagi. Begitu nyata ku bayangkan tangan mungil si gadis memasukkan uang kedalam map plastik punya perempuan tadi. sebenarnya ibu tadi berusaha menolak, tapi karena begitu cepat akhirnya si Ibu cuma bisa bengong. Tiba tiba aku dikejutkan sebuah suara "maaf ya mas" dan aku mendongak mencari asal suara ternyata perempuan separuh baya tadi menyodorkan sebuah amplop, dan langsung ku terima tanpa basa basi,  amplop itu ditempeli potongan kertas poto kopian yang ada tulisan arab berikut artinya. Dengan mata berkaca-kaca ku baca arti dari ayat tersebut. Sungguh sebagian rizki ku adalah hak anak-anak yatim hati kecilku bicara, dan jauh sebelum aku paham gadis kecil itu sudah lebih dahulu mengerti makna dari ayat tersebut.

Itulah kisah sekitar 2 tahun yang lalu dikala aku masih bertualang di ranah Banten. terkadang orang yang dalam pandangan mata kita hina, justru memiliki hati yang sangat mulia bagaikan Malaikat. Dengan perantara kisah gadis kecil itu semoga pintu hatiku dan hati kita semua menghembuskan keikhlasan, lebih terketuk untuk saling berbagi. Jika aku mendengar lagu Armada yang berjudul "Mau di bawa kemana" memory itu terkenang kembali, aku terenyuh ingat akan gadis itu, geliat berjuang hidup anak manusia di tengah himpitan nafas yang terengah-engah. terus terang aku sendiri tidak bisa menguraikan hikmah dan pelajaran apa yang bisa di petik di balik cerita ini.

Serang-Jakarta.

buat puakhi BENI, terimakasih sudah menginspirasi.
kilu mahaf sikindua wat penyempurnaan cutik-cutik.(SRC)

 

Rabu, 07 Maret 2012

TARI ADAT "SAMANG BEGAYUT"


TARI ADAT “SAMANG BEGAYUT”
Oleh : Seem R. Canggu.SE.MM.


Dari Wikipedia Bahasa Indonesia, Tari adalah gerakan tubuh secara berirama yang dilakukan pada tempat dan waktu tertentu, untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud dan pikiran. Bunyi-bunyian yang disebut musik pengiring tari, mengatur gerakan penari dan memperkuat maksud yang ingin disampaikan.


Tari yang akan dibahas disini terbatas pada tari adat “SAMANG BEGAYUT” yang hanya ada di Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Lampung. Secara harfiah pengertian Samang Begayut adalah Siamang binatang berbulu yang suka bergelayutan di pepohonan dengan suaranya yang khas dan nyaring.
  
A.   Kedudukan Tari “Samang Begayut”.
Tari adat “Samang Begayut” merupakan tari kebesaran/keagungan Kerajaan dan khusus bagi “Sai Batin”/Sultan di Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak, dengan demikian tarian ini mempunyai kedudukan yang sama dengan Tanduan Agung atau “Aban Gemisikh” sebutan untuk perangkat adat yang merefleksikan keberadaan awan yang dalam riwayat senantiasa memayungi Rasulullah SAW. Perangkat-perangkat adat tersebut sepenuhnya menjadi hak “Sai Batin”, dengan kata lain hanya boleh digunakan untuk “Sai Batin” atau atas izin “Sai Batin”

Tari ini merupakan Pusaka lama yang sudah ada sejak zaman kejayaan Kerajaan Sekala Brak kuno, tetapi pada saat pendudukan oleh Kolonial Belanda seluruh prosesi adat dilarang dibumi Sekala Brak, sehingga tari ini sempat menghilang dan lama tidak ditampilkan.
Menurut catatan sejarah di "Gedung Dalom"/keraton/istana Kepaksian Pernong, pada masa “Kesaibatinan” Pangeran Ringgau Gelar Pangeran Batin Pasirah Purbajaya Bindung Langit Alam Benggala (1852)  atas jasa Beliau menyelesaikan konflik di Rejang Lebong dan Pasemah Lebar, Kepaksian Pernong dianugerahi oleh Ratu Wihelmina Sandang Merdeka yaitu diberi kemerdekaan berupa bebas dari pajak bumi dan kerja gawe selama 15 tahun.
Saat prosesi penganugerahan Sandang Merdeka oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda kepada Pangeran Ringgau, tari adat “Samang Begayut” di tampilkan, dan peristiwa tersebut menjadi titik awal penggunaan kembali tari adat "Samang Begayut".

Menurut H.Ibnu Hadjar Gelar Raja Sempurna, tari ini hanya dipakai pada prosesi adat “Lapahan Sai Batin”/arak-arakan Agung. Seluruh peralatan termasuk para pemegang peralatan yang dipakai dalam Prosesi arak-arakan Agung tersebut, “BEGAYUT” pada kibasan pedang tarian ini,
Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkankan bahwa tari adat “Samang Begayut” merupakan tarian yang mengawali dan mengakhiri langkah “Sai Batin” dalam prosesi adat “Lapahan Sai Batin”

B. Perubahan Nama dan Penambahan Fungsi.
Tari ini dulunya dikenal dengan nama Tari Pedang Siputuk Liyu, namun sejak tahun 1989 yaitu ketika pertamakalinya Peniakan Dalom Beliau Pangeran Edward Syah Pernong, Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan ke-XXIII dan Permaisuri pulang ke bumi Sekala Brak, setelah penobatan dan untuk pertamakalinya pula beliau disambut dengan tarian ini, beliau sangat terkesan dengan pekikan "Samang Begayuuuuut" dari pendekar Alian yang pada saat itu menarikan tarian ini, dan masyarakat kebanyakan menyebutnya tari ini dengan tari "samang Begayut" sehingga beliau pun menyebut tari ini dengan Tari Adat "Samang Begayut", dan pada saat itu dengan bijaknya  beliau mengatakan bahwa  tarian ini selain khusus untuk "Sai Batin" Paksi Pak Sekala Brak, atas izin "Sai Batin" boleh juga digunakan untuk menyambut "Sai Batin" Marga/Sultan/Raja dari Kerajaan lain, namun dengan syarat menggunakan pedang yang berbeda seperti pedang Istambul atau pedang lainnya sesuai petunjuk "Sai Batin".

Tari Adat "SAMANG BEGAYUT" dengan Pedang Siputuk Liyu dihadapan "Sai Batin" Paksi
Tari Adat "SAMANG BEGAYUT" dengan Pedang Istambul dihadapan "Sai Batin" Marga

C.   Peralatan Tari.
Tari adat “Samang Begayut” hanya dimainkan oleh satu orang penari berjenis kelamin laki-laki yang merupakan Pendekar Utama dimasing-masing Kepaksian dengan perangkatnya meliputi :
1.    Pakaian serba hitam dengan mengenakan ikat kepala.
2.    Satu buah pedang dengan ketentuan bahwa :
2.1.       Apabila yang melakukan perjalanan adat adalah “Sai Batin” Paksi Pak Sekala Brak, dalam hal ini “Peniakan Dalom Beliau” demikian sebutan untuk Yang Mulia Sultan, hadir langsung tanpa berwakil, maka pedang yang digunakan oleh penari adalah Pedang Siputuk Liyu yaitu pedang pusaka yang usianya lebih dari 500 tahun.
2.2.       Apabila yang melakukan perjalanan adat adalah utusan “Sai Batin” Paksi Pak Sekala Brak dalam hal ini “Peniakan Dalom Beliau” tidak hadir secara fisik atau dalam rangka menyambut “Sai Batin” Marga/Sultan/Raja dari kerajaan lain, maka pedang yang digunakan oleh penari adalah Pedang Istambul atau pedang lainnya sesuai petunjuk “Sai Batin”.
3.    Vocal atau suara Penari yang meneriakkan yel-yel dengan suara nyaring dalam bahasa Melayu : 
     Teriakan pertama : Raja Sekala Brak membawa tongkat
          Teriakan lanjutan : Raja Sekala Brak Membawa Adat. 
       Teriakan terakhir : Samang Begayuuuuuttt, bersamaan dengan jurus  bermain diatas “kiambang”/rumput air sejenis enceng gondok

D.   Waktu Penampilan Tari.
Sebagaimana telah di uraikan sebelumnya bahwa tari adat “Samang Begayut” mengawali dan mengakhiri langkah “Sai Batin”/Sultan dalam prosesi “Lapahan Sai Batin”/arak-arakan Agung, dengan demikian pada setiap prosesi “Lapahan Sai Batin”, tari ini ditampilkan dua kali yaitu :
1.   Pada saat “Sai Batin”/Sultan sudah berada dalam Tanduan Agung atau “Aban Gemisikh”, maka sebelum arak-arakan Agung bergerak terlebih dahulu diawali "cicca Hulu Balang Paksi" yaitu pernyataan kesiapan pengawalan "Sai Batin" dan dilanjutkan dengan tari adat “Samang Begayut”
2.   Pada saat arak-arakan Agung sudah tiba ditempat yang dituju, maka sebelum “Sai Batin”/Sultan keluar dari “Aban Gemisikh” atau sebelum Tanduan Agung diturunkan, harus terlebih dahulu dimainkan tari adat “Samang Begayut”
 
E.   Gerakan dan Keunikan tari.
Gerakan tarian ini sekilas terlihat menyerupai gerakan pencak pedang, tapi masih menurut H.Ibnu Hadjar Raja Sempurna,  perbedaan utama tarian ini dengan tari pencak pedang terletak pada saat dimulainya gerakan (“kelai”), gerakan tari adat “Samang Begayut” dimulai dari kiri ke kanan, sedangkan pencak pedang sebaliknya yaitu dimulai dari kanan ke kiri dan gerakan akhir dari tari adat “samang begayut” yaitu dengan menancapkan ujung pedang kebumi dihadapan “Sai Batin”/Sultan.  
Keunikan dari tarian ini, karena terkadang penari seakan-akan menirukan gaya seekor siamang, selain itu tarian ini tidak diiringi oleh musik pengiring, karena semua musik dan perangkat arak-arakan Agung ketika menjelang keberangkatan, baru boleh dimainkan setelah tari adat ini selesai.

E.   Pelestarian.
Kondisi riil saat ini tari adat “Samang Begayut”,  hanya kita saksi kan dalam perhelatan adat Kepaksian Pernong yaitu salah satu Paksi dari empat Kepaksian di Sekala Brak, hal ini sangat mungkin dipengaruhi oleh larangan Kolonial Belanda pada zaman dahulu.
Mengingat tarian ini hak mutlak dari “Sai Batin” di Paksi Pak Sekala Brak dan mempunyai kedudukan yang tinggi dalam adat, betapa indahnya bila tarian ini mulai dilestarikan disemua Paksi pada Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak.
Semoga.

Tabik pun ngalim pukha, kantu ya kena dinyalahan, sikindua kilu mahap (SRC)

Catatan : poto adalah koleksi Eka Fendi Aspara.

Kamis, 01 Maret 2012

MONUMEN "SAI BATIN"


MONUMEN “SAI BATIN”
Oleh : Seem R. Canggu, SE.MM.

Menurut wikipedia bahasa Indonesia, Monumen adalah jenis bangunan yang dibuat untuk memperingati seseorang atau peristiwa yang dianggap penting oleh suatu kelompok sosial sebagai bagian dari peringatan kejadian pada masa lalu. Seringkali monumen berfungsi sebagai suatu upaya untuk memperindah penampilan suatu kota atau lokasi tertentu.


Pada era Walikota Bandar Lampung Eddy Sutrisno, Beliau mempunyai gagasan membangun dua monumen budaya di taman Kota Bandar Lampung, yang pertama yaitu monumen pengantin adat "PEPADUN" yang terletak di taman Kota pertigaan jalan Doktor Soesilo dan Jalan Pangeran Diponogoro, tepat didepan masjid Al-Furqon Lungsir Telukbetung Utara, sedangkan monumen kedua yaitu monumen pengantin adat "SAI BATIN" yang dibangun sebagai sumbangsih BANK LAMPUNG Banknya Masyarakat Lampung, bagi pelestarian budaya dan keindahan Kota Bandar Lampung.

Monumen "SAI BATIN" didirikan di pertigaan Jalan Ahmad Yani, Jalan W.Monginsidi dan Jalan Kartini, tepatnya di Kelurahan Durian Payung Tanjungkarang Pusat.

Dalam adat "SAI BATIN" tingkat kebangsawanan seseorang, setidaknya tercermin dari tiga hal yaitu : 
1.    "Dandanan di badan"/Pakaian yang melekat di badan, 
2.    "Dandanan di lamban"/pakaian keagungan yang terpasang di rumah dan 
3.  "Dandanan di lapahan"/perangkat keagungan yang menyertai pada saat arak-arakan adat.
Pakaian yang dikenakan pada patung monumen "SAI BATIN" adalah pakaian adat setingkat Raja Suku/sederajat yang derajat kebangsawanannya satu tingkat dibawah "Saibatin"/Sultan.

Monumen "Sai Batin" sepasang pengantin mengenakan pakaian adat setingkat Raja Suku/sederajat  yang derajat Kebangsawanannya satu tingkat dibawah Sultan.


Monumen ini diresmikan pada tanggal 15 Juli 2006 oleh Walikota Bandar Lampung Eddy Sutrisno, yang didahului dengan prosesi keagungan adat "SAI BATIN" yang diselenggarakan oleh Komunitas adat Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak, Kepaksian Pernong Lampung Barat yaitu dengan menggelar prosesi adat “Lapahan Sai Batin” yang menurunkan dua “Aban Gemisikh” dan jambat Agung “Lalamak Titi Kuya” serta sekitar sepertiga atau 200an lebih Pusaka Kepaksian Pernong yang sudah berusia antara 600 sampai 800 tahun menyertai arak-arakan Agung “Sai Batin” Kepaksian Pernong.

Prasasti Peresmian yang ditanda tangani Walikota

Pada kesempatan tersebut, "Sai Batin Kepaksian Pernong" Paduka Yang Mulia Peniakan Dalom Beliau Drs.Pangeran Edward Syah Pernong, SH.MH. Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan ke-XXIII Gelar Sultan Pangeran Raja Selalau Pemuka Agung Dengian Paksi, berkenan menyampaikan sambutan dan dalam penggalan sambutannya beliau menganalogikan bahwa : sebenarnya berdiri dengan satu kaki kita sudah cukup kuat, namun akan jauh lebih kuat bila berdiri dengan dua kaki, itulah Lampung yang terdiri dari "Sai Batin" dan "Pepadun" dan diantara keduanya bukan koordinasi melainkan sinergi, sehingga menjadi suatu kekuatan yang dahsyat sebagai modal awal dalam membangun Lampung. 
Beliau juga menandatangani prasasti sebagaimana gambar berikut : 

Seperti halnya prasasti peresmian, prasasti ini di tanda tangani tanggal 15 Juli 2006

Terjemahan bebas dari Prasasti tersebut adalah :
Dibawah langit, di alam dunia, terdapat bumi Lampung yang merupakan tanah Pusaka, Masyarakatnya berasal dari Sekala Brak, menyebar keseluruh Lampung dan daerah sekitarnya guna melanjutkan perjuangan bagi kehidupan yang hakiki. Gelar dan panggilan adat merupakan suatu kebanggaan, dan adat "SAI BATIN" telah teruji mampu memenuhi kebutuhan kemunitasnya.

dari kiri ke kanan SUHARIDJONO KAMINO Kapolda Lampung, EDDY SUTRISNO Walikota, PANGERAN EDWARD SYAH PERNONG Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan ke-XXIII, SYAMSU RIZAL Direktur Utama Bank Lampung poto bersama membelakangi Monumen "Sai Batin"

Bila diperhatikan, pakaian adat setingkat Raja Suku/sederajat sebagaimana tergambar pada monumen, dengan pakaian yang dikenakan oleh "Saibatin"/Sultan sebagaimana yang dikenakan oleh Peniakan Dalom Beliau Pangeran Edward Syah Pernong, setidaknya terdapat tiga perbedaan mendasar yaitu :
1.   Penutup kepala yang disebut "Tungkus/Tukkus", bagi "Sai Batin" berbelalai tanpa ekor, sedang Raja Suku/sederajat berbelalai dan berekor.  
2.   Kain serong gantung, khusus bagi "Sai Batin" dikenakan disebelah kiri, sedangkan Raja Suku/sederajat disebelah kanan. 
  
Dalam tatanan adat "SAI BATIN" penggunaan "Tungkus" dan kain diatur sebagai berikut :
  • "Tungkus" berbelalai tanpa ekor hanya boleh dikenakan oleh "Sai Batin"/Sultan dan Putra Mahkota, sedangkan "Tungkus" yang berbelalai dan berekor hanya boleh dipakai oleh Raja Suku atau sederajatnya, 
  • Kain serong gantung disebelah kiri hanya boleh dipakai oleh "Sai Batin" dan Putra Mahkota, sedangkan kain serong gantung sebelah kanan hanya boleh dipakai oleh yang bergelar/"adok" Raja dan Batin.
  • Untuk yang bergelar Radin memakai sarung gantung yaitu kain yang dipakai sebatas lutut, pinggiran kain bagian bawah disebelah kanan agak sedikit naik dengan penutup kepalanya menggunakan kopiah, 
  • Bagi yang bergelar Minak dan seterusnya mengenakan sarung "babakh atung" yaitu kain yang dipakai sebatas lutut, pinggiran kain bagian bawahnya rata dan dilengkapi dengan penutup kepala berupa kopiah.
 
3. Ikat pinggang, "Sai Batin" mengenakan "Bebadung Dalom" yaitu ikat pinggang berkepala besar berbentuk bulat telur dengan satu titik ditengah, sedangkan Raja Suku/sederajat mengenakan ikat pinggang biasa.

Keunikan dari adat "SAI BATIN" adalah Baik Laki-laki maupun Perempuan sama-sama memegang "Pemanohan"/pusaka yaitu keris, hal ini menggambarkan bahwa walaupun adat "SAI BATIN" menganut garis Ayah (Patrilinear) namun sang Perempuan siap tampil memimpin apabila sang suami/Laki-laki berhalangan.

Impian Penulis :
Kalaulah pada saat ini Kota Bandar Lampung memiliki monumen "Saibatin" dan "Pepadun" disamping monumen lainnya seperti Adipura, Siger, Radin Inten II dan lain-lain, penulis berharap sangat, agar Pemerintah Kabupaten Lampung Barat yang merupakan Negeri asal "Sai Batin" bisa melakukan hal yang sama, walaupun saat ini di bumi Lampung Barat keberadaan kerajaan adat Paksi Pak Sekala Brak masih ditemukan utuh.   semoga dan semoga. (SRC)